HASIL SUPERVISI PEMBELAJARAN
SMP Islam Pegandon - 11 December 2025
INSTRUMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN
Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Guru
Cetak Laporan
Simpan Draft
IDENTITAS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
Supervisor
*
-- Pilih Supervisor --
Anisa Nailal Muna
Dini Yuliyani, S.Pd
Feri Rohman, S.Pd
Ichwanudin, S.Pd
Khoirul Imam Multijasa, S.Pd
Nuzulus Sakinah, S.Pd
Puji Yuliani, S.Pd
Saikhul Bahri, M.Pd
Shofiana,S.Pd,Gr
Sofi Muntazanul Mina, S.Pd,Gr
Surahmat Pujiono, AMd
Syarif Abdullah, S.Pd.I
Guru yang Disupervisi
Mata Pelajaran
*
-- Pilih Mapel --
AQIDAH AKHLAK
BAHASA ARAB
BAHASA INDONESIA
BAHASA INGGRIS
BAHASA JAWA
DHUHA
ILMU PENGETAHUAN ALAM
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
INFORMATIKA
KE-NUAN
KITAB
MATEMATIKA
PAI/FIQIH
PENDIDIKAN JASMANI , OLAHRAGA DAN KESEHATAN
PENDIDIKAN PANCASILA
PRAKARYA
QUR'AN HADITS
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
SENI BUDAYA
Topik / Materi Pembelajaran
*
Tanggal Supervisi
Triwulan
Triwulan 1
Triwulan 2
Triwulan 3
Triwulan 4
TOTAL SKOR
0
NILAI AKHIR
0%
0%
A. KEGIATAN PENDAHULUAN
7 indikator
Kode
Aspek Penilaian
Penilaian
Skor
A. KEGIATAN PENDAHULUAN
7 indikator
A1A
Menyiapkan fisik & psikis peserta didik
Ya
Tidak
0
1
2
A1B
Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran
Ya
Tidak
0
1
2
A2A
Mengajukan pertanyaan pemantik motivasi
Ya
Tidak
0
1
2
A2B
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran
Ya
Tidak
0
1
2
A3A
Menyampaikan kompetensi pembelajaran
Ya
Tidak
0
1
2
A3B
Mengaitkan materi dengan pembelajaran sebelumnya
Ya
Tidak
0
1
2
A3C
Mendemonstrasikan sesuatu terkait materi
Ya
Tidak
0
1
2
B. KEGIATAN INTI - Penguasaan Materi
4 indikator
B1A
Materi sesuai tujuan pembelajaran
Ya
Tidak
0
1
2
B1B
Mengaitkan materi dengan pengetahuan relevan
Ya
Tidak
0
1
2
B1C
Menyajikan pembahasan materi dengan tepat
Ya
Tidak
0
1
2
B1D
Penyajian sistematis (konkrit ke abstrak)
Ya
Tidak
0
1
2
B. KEGIATAN INTI - Strategi Pembelajaran
6 indikator
B2A
Pembelajaran sesuai kompetensi
Ya
Tidak
0
1
2
B2B
Partisipasi aktif (bertanya)
Ya
Tidak
0
1
2
B2C
Partisipasi aktif (mengemukakan pendapat)
Ya
Tidak
0
1
2
B2D
Mengembangkan keterampilan peserta didik
Ya
Tidak
0
1
2
B2E
Pembelajaran kontekstual
Ya
Tidak
0
1
2
B2F
Pembelajaran sesuai alokasi waktu
Ya
Tidak
0
1
2
B. KEGIATAN INTI - HOTS
4 indikator
B3A
Kemampuan Creativity
Ya
Tidak
0
1
2
B3B
Kemampuan Critical Thinking
Ya
Tidak
0
1
2
B3C
Kemampuan Communication
Ya
Tidak
0
1
2
B3D
Kemampuan Collaboration
Ya
Tidak
0
1
2
B. KEGIATAN INTI - Manajemen Kelas
2 indikator
B4A
Suasana kelas kondusif
Ya
Tidak
0
1
2
B4B
Penerapan disiplin positif
Ya
Tidak
0
1
2
B. KEGIATAN INTI - Sumber Belajar
5 indikator
B5A
Penggunaan sumber belajar bervariasi
Ya
Tidak
0
1
2
B5B
Penggunaan media pembelajaran
Ya
Tidak
0
1
2
B5C
Melibatkan peserta didik dalam menggunakan sumber belajar
Ya
Tidak
0
1
2
B5D
Melibatkan peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran
Ya
Tidak
0
1
2
B5E
Pembelajaran menghasilkan kesan menarik
Ya
Tidak
0
1
2
B. KEGIATAN INTI - Penggunaan Bahasa
2 indikator
B6A
Bahasa lisan jelas & lancar
Ya
Tidak
0
1
2
B6B
Bahasa tulis baik & benar
Ya
Tidak
0
1
2
C. KEGIATAN PENUTUP
5 indikator
C1A
Memfasilitasi peserta didik merangkum materi
Ya
Tidak
0
1
2
C1B
Aktivitas meningkatkan pengetahuan & keterampilan mengajar
Ya
Tidak
0
1
2
C1C
Refleksi terhadap praktik pengajaran
Ya
Tidak
0
1
2
C1D
Menerapkan pendekatan baru dalam pembelajaran
Ya
Tidak
0
1
2
C1E
Tindak lanjut kegiatan berikutnya & pengayaan
Ya
Tidak
0
1
2
D. PENILAIAN
3 indikator
C2A
Penilaian Sikap (observasi)
Ya
Tidak
0
1
2
C2B
Penilaian Pengetahuan (lisan/tulisan)
Ya
Tidak
0
1
2
C2C
Penilaian Keterampilan (projek/produk/kinerja)
Ya
Tidak
0
1
2
Catatan Supervisor
Tindak Lanjut
Guru yang Disupervisi
Puji Yuliani, S.Pd
Supervisor
___________________
SIMPAN HASIL SUPERVISI