INSTRUMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN

Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Guru
Cetak Laporan

IDENTITAS PEMBELAJARAN

TOTAL SKOR
0
NILAI AKHIR
0%
0%
A. KEGIATAN PENDAHULUAN 7 indikator
KodeAspek PenilaianPenilaianSkor
A. KEGIATAN PENDAHULUAN 7 indikator
A1A Menyiapkan fisik & psikis peserta didik
A1B Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran
A2A Mengajukan pertanyaan pemantik motivasi
A2B Menyampaikan manfaat materi pembelajaran
A3A Menyampaikan kompetensi pembelajaran
A3B Mengaitkan materi dengan pembelajaran sebelumnya
A3C Mendemonstrasikan sesuatu terkait materi
B. KEGIATAN INTI - Penguasaan Materi 4 indikator
B1A Materi sesuai tujuan pembelajaran
B1B Mengaitkan materi dengan pengetahuan relevan
B1C Menyajikan pembahasan materi dengan tepat
B1D Penyajian sistematis (konkrit ke abstrak)
B. KEGIATAN INTI - Strategi Pembelajaran 6 indikator
B2A Pembelajaran sesuai kompetensi
B2B Partisipasi aktif (bertanya)
B2C Partisipasi aktif (mengemukakan pendapat)
B2D Mengembangkan keterampilan peserta didik
B2E Pembelajaran kontekstual
B2F Pembelajaran sesuai alokasi waktu
B. KEGIATAN INTI - HOTS 4 indikator
B3A Kemampuan Creativity
B3B Kemampuan Critical Thinking
B3C Kemampuan Communication
B3D Kemampuan Collaboration
B. KEGIATAN INTI - Manajemen Kelas 2 indikator
B4A Suasana kelas kondusif
B4B Penerapan disiplin positif
B. KEGIATAN INTI - Sumber Belajar 5 indikator
B5A Penggunaan sumber belajar bervariasi
B5B Penggunaan media pembelajaran
B5C Melibatkan peserta didik dalam menggunakan sumber belajar
B5D Melibatkan peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran
B5E Pembelajaran menghasilkan kesan menarik
B. KEGIATAN INTI - Penggunaan Bahasa 2 indikator
B6A Bahasa lisan jelas & lancar
B6B Bahasa tulis baik & benar
C. KEGIATAN PENUTUP 5 indikator
C1A Memfasilitasi peserta didik merangkum materi
C1B Aktivitas meningkatkan pengetahuan & keterampilan mengajar
C1C Refleksi terhadap praktik pengajaran
C1D Menerapkan pendekatan baru dalam pembelajaran
C1E Tindak lanjut kegiatan berikutnya & pengayaan
D. PENILAIAN 3 indikator
C2A Penilaian Sikap (observasi)
C2B Penilaian Pengetahuan (lisan/tulisan)
C2C Penilaian Keterampilan (projek/produk/kinerja)
Guru yang Disupervisi
Puji Yuliani, S.Pd
Supervisor
___________________